cara transfer uang di atm dengan mudah

Cara transfer uang di atm – Di jaman yang penuh transaksi online saat ini ternyata jenisnya banyak. Selain cepat, beberapa bank memberinya sarana kemudahan untuk nasabahnya yang ingin menggunakan servis itu, baik secara individu atau secara barisan.

cara transfer uang lewat hp

Selain transfer dana dengan cara online dengan menggunakan rekening bank atau kartu kredit, ternyata ada juga loh type transfer dana lainnya. Ingin ketahui apa beberapa macam transfer uang yang ada? Yuk baca ulasan berikut!

Biasanya, seseorang yang kerjakan transfer dana adalah orang yang sudah memiliki rekening pada suatu bank. Tapi bagaimana dengan orang di desa atau pinggiran kota yang belum memiliki rekening tapi ingin kerjakan transfer uang?

Nah ternyata, minimum di Indonesia ada 3 type transfer uang yang bisa kamu gunakan. Yang pertama adalah transfer dana di antara rekening bank (transfer biasa), yang kedua adalah transfer antara pemilik rekening ke yang terima yang tidak memiliki rekening bank, dan yang terakhir adalah transfer dana tanpa menggunakan rekening bank.

 

1. Transfer uang di antara rekening bank

Di dunia perbankan, type transfer uang ini adalah hal yang paling sering digunakan. Baik ke rekening yang sama atau ke rekening lainnya, kamu dapat kerjakan berbagai transaksi itu. Tapi jika kamu kerjakan transfer uang ke bank lainnya, kamu biasanya akan dikenakan biaya admin beberapa 6.500 rupiah.

Jika kamu tidak mau dikenakan biaya transaksi itu, kamu bisa loh menggunakan program tidak berbayar untuk transfer dana. Satu diantaranya program itu adalah LinkQu. Langkah transfer uang melalui ponsel

 

2. Transfer uang dari pengirim yang belum memiliki rekening ke yang terima yang punya rekening bank

Untuk type transfer uang kedua ini, cara yang biasa untuk dikerjakan dengan berkunjung ke kantor cabang bank terdekat di daerahmu. Selanjutnya, kamu akan isi dokumen atau formulir transfer yang berisi rekening arah dan nominal yang akna kamu transfer – transfer uang tanpa atm

Lalu kamu akan diundang oleh teller, yang selanjutnya transfer dana akan diproses. Untuk kerjakan proses ini, kamu akan dijamin biaya administrasi untuk pengiriman uang.

 

3. Transfer uang tanpa rekening bank

Beberapa cara cara transfer uang di atm ini bahkan tidak mengharuskan kamu untuk memiliki rekening loh! Cukup siapkan uang kontan dan kamu bisa transfer uang ke rekening mana yang kamu ingin. Ingin ketahui? Yuk dibaca pengucapannya berikut!

 

1. Transfer Tunai Melalui Bank

Cara ini umum digunakan untuk mengirim uang dalam jumlah besar atau bisa juga saat kamu tidak punya rekening bank. Bila kamu mengirim melalui bank yang sama dengan bank yang terima, biasanya kamu tidak dikenakan biaya tambahan.

Cara transfer tunai melalui bank ini cukup mudah. Yang penting dikerjakan adalah:

  • Minta nomor rekening, nama yang terima dan banknya.
  • Siapkan uang dan kartu identitas asli.
  • Datang ke bank yang sama sesuai rekening si yang terima.
  • Ambil nomor barisan dan isi formulir yang dipersiapkan.
  • Beri formulir ke teller untuk diproses.
  • Uang akan langsung masuk ke rekening yang terima.
  • Kamu juga bisa menggunakan mekanisme ini untuk isi rekening kamu sendiri lho!

2. Transfer Uang Lewat Kantor Pos

Tahukah kamu bila kantor pos bukan hanya bisa untuk mengirim surat dan paket saja tapi juga bisa mengirim uang? Servis pengiriman uang dari kantor pos ini disebut dengan servis wesel.

Ada beberapa type wesel yang bisa ditetapkan, yaitu:

  • Weselpos Instan, pengiriman uang paling cepat karena personalitasnya real time menggunakan PIN dan NTP (Nomor Transaksi Pusat) yang dikirimkan langsung oleh Pengirim ke Yang terima.
  • Weselpos Kerja-sama, adalah type wesel hasil kerja sama dengan pihak lain dan ongkosnya samakan dengan kesepakatan yang jalan.
  • Weselpos Transfer Tunai (Kontan To Account), adalah pengiriman uang secara tunai melalui Kantorpos dengan arah semua rekening bank secara real time.
  • Weselpos Prima, adalah servis wesel yang menggunakan surat pengakuan dan diantar oleh Kantorpos Arah ke si Yang terima

 

3. Transfer Uang Lewat Alfamart dan Indomaret

Banyak yang tidak paham bila selain berbelanja, Alfamart dan Indomaret memberikannya servis pengiriman uang. Trick-nya cukup mudah dan tidak memerlukan rekening bank, perlu membawa data diri, isi formulir dan uang yang ingin dikirimkan

 

4. Gunakan Jasa Western Union

Western Union adalah jasa pengiriman uang yang jaringannya menebar di seluruh dunia. Oleh karena itu tidak kebingungan servis transfer bank ini menjadi favourite buat mereka yang tinggal di luar negeri. Kelebihannya adalah, uang yang kamu setorkan di satu diantaranya cabang Western Union selekasnya bisa langsung diambil di cabang Western Union lainnya di seluruh dunia!

 

5. Gunakan Program Transfer Uang

Kamu juga bisa lho transfer dana dengan menggunakan program third party! Beberapa program seperti ini biasanya kerja bersama dengan beberapa faksi bank dan Bank Indonesia.

Type program dan servis yang ditawarkan banyak juga macamnya. Kamu bisa tentukan yang mana paling cocok kepentingan kamu. Misalnya, jika kamu membutuhkan program untuk menjalankan bisnis berlainan bank tapi tidak ingin diserang biaya administrasi tambahan, kamu bisa menggunakan program satu ini! Sejumlah keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan program ini, jadi tunggu apalagi