Transfer antar bank dengan mekanismenya yang benar

Transfer Antar Bank

Transfer antar bank – Pernah Tidak Sahabat Memikirkan beberapa ribu kali buat transfer uang karena transfer bank arah berlainan dengan bank yang Sahabat punyai jadi harus terkena biaya? Atau alam peristiwa transfer ke rekening rekan yang banknya berlainan, telah transfer tetapi rekan ngomong uangnya belum masuk, sebelum dua hari baru dech uangnya masuk ke rekening arah. Kurang lebih mengapa ya dapat demikian?

Menurut KBBI transfer memiliki arti berpindah atau berpindah tempat. Dalam pemahaman transfer, kiriman uang yang diterima bank terhitung hasil inkaso yang ditagih lewat bank, yang bakal dilanjutkan ke bantrak lain untuk dibayar ke nasabah. Secara sederhana transfer adalah satu aktivitas jasa bank untuk memilih beberapa dana tertentu sesuai perintah pemberi instruksi yang menawarkan untuk keuntungan seorang yang dipilih sebagai yang menerima transfer. Karena perkembangan info tehnologi Sahabat semakin mudah melakukan transfer dengan bank yang serupa atau antara bank, antrian di teller tidak terlebih dahulu. Jika transfer ke rekening bank yang serupa prosesnya lebih bebas dan cepat biaya, kebalikannya, jika transfer antara bank berlainan prosesnya memerlukan waktu dan akan dikenai biaya.

Di Indonesia ada banyak proses transfer dana antar bank, yakni Real Time Gross Settlement (RTGS), Mekanisme Kliring Nasional Indonesia (SKNI) atau Lalu Lintasi Giro (LLG), dan Real Time Online (RTO). Nach, kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai beragam proses transfer antar bank itu.

 

Real Time Gross Settlement (RTGS)

Real Time Gross Settlement (RTGS) adalah mekanisme transfer elektronik di mana beberapa bank tersambung dengan mekanisme RTGS Bank Indonesia yang proses transaksi bisnisnya dapat segera terwujud waktu itu (real time). Pada prinsipnya kecepatan akseptasi dana transfer lewat RTGS bisa lebih cepat, tetapi real time yang diartikan tidak berarti sampai ke rekening arah pada pukul dan menit yang serupa. Proses ini umumnya memerlukan waktu sekitaran beberapa saat (sekitaran 4 jam). Jika transfer dilaksanakan di atas jam 15.00, transfer itu akan sampai ke rekening arah di esok harinya. Selain itu, jika transfer antar bank dilaksanakan pada bulan akhir (tanggal 30 atau 31), maka terjadi ketertinggalan/ terlambat sepanjang satu hari kerja karena ada proses tutup buku.

Mekanisme transfer elektronik di mana beberapa bank tersambung dengan mekanisme RTGS Bank Indonesia yang proses transaksi bisnisnya dapat segera terwujud itu (real time). Pada prinsipnya kecepatan akseptasi dana transfer lewat RTGS bisa lebih cepat, tetapi real time yang diartikan tidak berarti sampai ke rekening arah pada pukul dan menit yang serupa. Proses ini umumnya memerlukan waktu sekitaran beberapa saat (sekitaran 4 jam). Jika transfer dilaksanakan di atas jam 15.00, transfer itu akan sampai ke rekening arah di esok harinya. Selain itu, jika transfer antar bank dilaksanakan pada bulan akhir (tanggal 30 atau 31), maka terjadi ketertinggalan/ terlambat sepanjang satu hari kerja karena ada proses tutup buku.

Mekanisme Kliring Nasional Indonesia (SKNI)

Lalu Lintasi Giro (LLG) adalah mekanisme transfer electronic di mana beberapa bank tersambung dengan SKNI yang diadakan oleh Bank Indonesia (BI). Mekanisme ini memiliki masa penyelesaian atau proses perpindahan buku dari rekening pengirim ke rekening yang menerima detil. Bank akan melanjutkan perintah transfer nasabah ke SKNI punya BI, lalu uang akan dihimpun di mekanisme BI lebih dulu. Setelah proses dan waktu tertentu, mekanisme dari BI akan membagikan uang itu ke bank arah atau penerimanya secara berkala sesuai agenda dalam sehari. Setelah bank arah terima, baru uang dialokasikan ke rekening arah. Proses kliring ini yang memerlukan waktu, sampai perlu waktu sekitaran 2-3 hari kerja untuk dana sampai ke rekening arah. Berdasarkan keputusan Bank Indonesia, mulai 1 September 2019 waktu proses kliring ditambahkan jadi 9 kali satu hari atau tiap jam pada hari kerja dari yang awalnya cuman 4 kali dalam satu hari, ongkos transfer di turunkan jadi Rp3.500,00 per transaksi bisnis.SKNI transfer digunakan untuk transfer dengan nilai yang semakin besar dari transfer online, tetapi jangan melewati Rp500.000.000,00 per transaksi bisnis dan peraturan setiap bank.

Online Waktu Nyata (RTO)

Real Time Online (RTO) sama sesuai dengan kamu yang perlu mentransfer uang dalam waktu atau real time dengan memakai switching yang menyambungkan antar bank. Dana dapat masuk langsung ke rekening arah waktu itu karena perusahaan beralih memberikan fasilitas transaksi bisnis sepanjang 24 jam dalam 7 hari. Proses transfer biaya RTO lumayan murah jika dibandingkan dengan lainnya yakni jumlah Rp5.000 – Rp7.500 sama sesuai peraturan bank. Tetapi batas optimal transaksi bisnis transportasi dananya terbatas, optimal Rp50.000.000,00 per transaksi bisnis sama peraturan setiap bank.Transfer online bisa Sahabat melalui ATM, internet banking, mobile banking, SMS banking sejauh beberapa bank yang menjadi tujuan transfer masuk ke anggota jaringan-jaringan pembayaran.

Telah memahami perbedaannya, saat ini Sahabat dapat menentukan ingin memakai mana agar uang yang kita kirim dapat sampai pada waktu yang sama sesuai janji. Cermat selalu saat sebelum melakukan transfer, janganlah sampai salah nominal atau arah.

transfer antar bank gratis, transfer antar bank bca, transfer antar bank bri, transfer antar bank bni, transfer antar bank tanpa biaya, transfer antar bank mandiri